Pop 'n Roll

Mengenal Rod Temperton, Sosok Idola Bagi Ilman Ibrahim

Nada Anisa 2021-09-06 13:48:40

Ilman Ibrahim, atau yang akrab disapa Ilman, dikenal masyarakat luas sebagai keyboardis dalam grup musik MALIQ & D'Essentials dan pencipta lagu/produser dalam trio LALEILMANINO. Ternyata, Ilman sudah serius menekuni dunia musik sejak masih berada di bangku SMA. Bahkan, Ilman berhenti sekolah formal sejak kelas 2 SMA dan memilih untuk mendalami musik lebih jauh dengan mendaftarkan diri di salah satu institut musik di Jakarta. Hingga akhirnya, pada tahun 2011, Ilman bergabung dengan grup musik MALIQ & D'Essentials untuk menggantikan keyboardis sebelumnya. 

Kali ini, tim Studio Pop bertanya kepada Ilman mengenai sosok idola yang menginsipirasinya.

1. Siapa pop icon idola lo? Kenapa orang itu menjadi inspirasi besar buat lo dalam berkarya? 

Ilman: Pop icon idola gue adalah seorang keyboardist dan pencipta lagu juga, namanya Rod Temperton. Banyak banget karya yang udah dia ciptain buat orang-orang besar. Mungkin banyak yang nggak tahu juga siapa Rod Temperton.. dia adalah salah satu personil Heatwave dan salah satu pentolan di band itu sendiri.”

Rod Temperton (upper left) with Heatwave. Courtesy of Michael Putland/Getty Images.

2. Apa yang membuat Rod Temperton beda dari yang lain?

Ilman: “Yang membuat Rod Temperton beda dari yang lain adalah dia itu berhasil dengan bandnya dan dia juga berhasil dengan pekerjaannya di luar bandnya, seperti menciptakan lagu buat orang lain dan memproduseri orang lain. Karya-karya seperti Rock With You dari Michael Jackson, Give Me The Night-nya George Benson, dan juga Off The Wall-nya Michael Jackson itu Rod Temperton yang nyiptain.”

Rod Temperton with Michael Jackson.

3. Apa yang lo paling suka dari Rod Temperton?

Ilman: “Dari penulisan lagu dan hasil output yang keluar dari produksinya Rod Temperton ini bagus banget. Dia ini orang yang cukup punya groove yang bagus banget. Cara dia main keyboard juga gue suka banget.”

Rod Temperton with Quincy Jones. Courtesy of Bobby Holand/mptvimages.

4. Seberapa besar Rod Temperton berpengaruh bagi gaya hidup dan cara berpikir lo?

Ilman: “Lumayan besar. Contohnya, Rod tergabung di Heatwave dan gue tergabung di MALIQ (& D’Essentials) dan sama-sama main keyboard. Dia pencipta lagu, gue bareng LALEILMANINO juga pencipta lagu dan produser. Jadi, cukup besar pengaruhnya Rod Temperton buat gue.”

Rod Temperton with his keyboard.