Tabloid

Tabloid edisi Bobby Mandela

Bobby Mandela, atau yang lebih dikenal dengan nama Bobciaw, adalah seorang podcaster di podcast BKR Brothers bersama dua temannya, Ryo dan Molen. Podcast BKR Brothers tayang setiap hari Selasa secara eksklusif di Spotify sejak 2019.

Kali ini Bobby membagikan daftar kuliner favoritnya di Jakarta, serial TV favoritnya, dan lagu Indonesia underrated yang menurutnya harus didengarkan oleh lebih banyak orang.

 

1. Tempat Kuliner di Jakarta

Soto Jakarta (Betawi) Bang Ujang

Bobby: "Lokasinya di Mayestik seberang polsek Taman Puring persis, di deretan sebelah kirinya Bank BNI yang paling ujung. Buka jam 6 sore sampai habis. Ini bisa dibilang salah satu Soto Betawi terunik sih. Agak mirip Soto Jakarta Bang Madun tapi beda looks nya, rasanya, dan hasil akhirnya. Dia sama-sama punya “sambel yang bukan sambel”. Terlihat seperti sambel tapi ternyata itu bumbu kacang dan entah apaan. Waktu makan, lo tambahin bumbu kacang rahasianya dia yang disajikan bareng, terus kasih perasan jeruk limau. Dan uniknya lagi, di depan soto Betawi ini ada tukang Sate Ayam Madura yang biasanya dikombinasikan oleh Soto Betawinya. Kayaknya cuma di tempat ini deh perkawinan Sate Madura dan Soto Betawi terjadi, dan ternyata bisa kawin tuh rasanya. Gw biasanya pesan Soto Betawi full jeroan ngga pake daging terus sate ayam yang kulit campur. Kualitas sate ayamnya juga ngga main-main. Tempat ini sudah berdiri puluhan tahun. Gw mulai makan disitu dari harganya 13rb semangkok dan sekarang sudah 30rb harganya semangkok. Ini salah satu makanan yang “ngga pernah salah” menurut gw, rekor gw pernah sekali makan 5 mangkok soto betawi plus nasinya juga 5. Gw lakukan itu kira-kira 15 tahun yang lalu lah pas Bang Ujangnya belom ubanan kayak sekarang, hahahaha."


2. TV Series Favorit

Band of Brothers

Bobby: "Gw dari dulu sampai sekarang suka banget dengan Band of Brothers, di HBO. Ini mini series umurnya udah 20 tahun kayaknya sekarang, dimana Steven Spielberg dan Tom Hanks bikin sebuah karya film perang yang menurut gw super nyata dan real. Dari jaman gw nontonnya di DVD dan sekarang udah ada streamingnya gw tetap ngga pernah bosan dan nyaris hafal semua episodenya. Film tentang perang dan brotherhood, gw setelah nonton Band of Brothers jadinya nonton film perang lainnya jadi yah B aja gitu. Menurut gw di film ini perang tuh digambarkan sedetail mungkin, contohnya ternyata banyak banget waktu perang itu yang ketembak di bagian pantat dan kena friendly fire. Bagian itu kan jarang banget ada di film-film perang lainnya. Dan disini dikasih liat kalo nyawa itu gampang banget gone ketika perang. Cerita-cerita awalnya bisa dilihat gimana penggemblengan yang berat bisa menciptakan tim yang solid. Sampai gw punya perkumpulan baseball sama anak-anak baseball seangkatan gw yang namanya diambil dari mini series ini yaitu Silver Generation Baseball dan yel kita itu “Hey Ho Silver”. Itu semua gara-gara film ini, dan kita masih bareng-bareng main sampai sekarang. Pertemanan 20 tahun lebih. Segede itu impactnya film ini buat gw dan teman-teman tim gw."

 

3. Lagu Indonesia underrated yang wajib didengerin

Nunung Wardiman - Kau Yang Kusayang

Bobby: "Ini aslinya kan lagunya The Rollies kan yah? Tapi versi covernya Nunung Wardiman ini menurut gw salah satu versi terbaik yang pernah diproduksi. Irama jazz kental kayak lo lagi di lounge gitu sambil megang martini, megangnya pake jari ngetril gitu hahahha.

Suara Nunung Wardiman disini benar-benar menunjukan kelasnya sih, dan gw gak tau siapa yang main piano dan saxophone nya cuma kombinasinya maut banget. Setiap gw pasang random lagu ini ke siapapun yang lagi sama gw pasti ngga pernah komplain dan biasanya ikutan nyanyi tuh, karena liriknya gw rasa pada hafal sih. Orang-orang dulu tuh bikin komposisi musik tuh gawat-gawat yah. Gw ngga kebayang mereka produksian mixing dan lain-lainnya itu seribet apa. Pasti masih jaman pita kan tuh ngga kayak sekarang udah enak. Big rispek banget sih sama musisi-musisi Indonesia masa lampau."

You May Also Like